Kamis, 09 Februari 2012

Review Compaq Presario CQ43-205TU



Dengan pembaruan dari sisi prosesor, CQ43-205TU mempertahankan citranya sebagai notebook terjangkau dengan tampilan elegan.

Sebelumnya Compaq telah mengeluarkan seri CQ42-457TU yang ternyata mendulang sukses. Kombinasi kinerja dan harga yang menarik menjadikannya notebook yang banyak diminati. Nah, mengikuti kesuksesan tersebut, dihadirkan generasi penerusnya dengan seri CQ43-205TU.

Perbedaan mendasar terdapat pada penggunaan prosesor yang lebih baru. Prosesor ini adalah Sandy Bridge kelas ekonomis yang memiliki kinerja tangguh serta dukungan komponen yang lebih baik yaitu Intel Pentium B940.

Tidak selalu tiap orang mencari notebook dengan spesifikasi tinggi. Selain harga yang mahal, kadang beberapa feature sering tidak termanfaatkan dengan maksimal.

Oleh karena itu, bagi yang mencari notebook dengan spesifikasi terbaru namun tetap sederhana, CQ42-457TU bisa menjadi jawaban yang tepat. Dengan harga kisaran di bawah Rp4 juta, produk ini menjadi daya tarik yang memikat. Namun bagaimana kinerjanya?

Sebelumnya mari kita lihat dulu tampilannya. Secara fisik kami menyukai bentuknya yang minimalis namun rapi. Pilihan cover semi glossy berwarna abu-abu dapat mengurangi bercak sidik jari sehingga menjaga notebook tetap bersih. Tidak terdapat tombolakses-cepat atau ekstra lainnya pada bagian keyboard.

Tombol numerik pun ditiadakan demi efisiensi. Kesederhanaan juga terlihat dari port yang disediakan, yakni tidak terdapatnya port anyar seperti HDMI, USB3.0 ataupun eSATA. Produk ini vukup mengandalkan USB, VGA-Out, LAN serta card-reader 4-in-1 yang lazim terdapat pada notebook. Meskipun demikian, untuk menangani urusan audio digunakan speaker merek ternama Altec Lansing untuk suarayang lebih mantap.

Bermodalkan prosesor Intel Pentium B940 dual core yang memiliki kecepatan clock 2 GHz dengan memori 2 GB, notebook ini mampu menjalankan aplikasi terkini. Kami juga mencoba memainkan video berformat definisi tinggi, dan hasilnya produk ini mampu menjalankannya dengan lancar tanpa hambatan. Urusan grafis sendiri diserahkan pada chipset Intel GMA 3000 yang bisa menjalankan aplikasi ringan serta dukungan akan DirectX 9.0.

Hal lain yang kami sukai adalah suhu yang dihasilkan. Meskipun digunakan pada waktu lama, hawa panas yang ditimbulkan masih dalam batas wajar dan tidak mengganggu. Kipas di dalamnya pun tetap terdengar hening. Keluaran hawa panas terletak pada area sebelah kiri. Jadi pastikan Anda meletakkannya pada landasan yang mampu mengoptimalkan keluaran panas dari bawah.
(Dayu Akbar -- Kontributor)

****

Harga terjangkau memang menjadikan Compaq CQ43-205TU tampil menarik. Namun bukan itu saja yang menjadi daya tariknya. Kinerja apik, tampilan elegan, serta daya tahan baterai yang cukup baik, merupakan nilai tambah lain yang membuatnya makin memikat. Meskipun feature-nya sederhana, tidak bisa dimungkiri kami langsung jatuh cinta melihat fisiknya yang polos namun berkesan elegan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar